Thursday, April 19, 2018

Hadiah Persatu Untuk Ultah Ronggomania

Sport.bloklimasatu.com - Ronggomania, yang merupakan singkatan dari Ronggolawe Mania adalah kelompok supporter yang selalu memberi dukungan kepada klub yang didukungnya, Persatu. Ya, Persatu. Sebuah klub sepakbola yang menjadi kebanggaan warga Kabupaten Tuban Jawa Timur. 
Hadiah Persatu Untuk Ultah Ronggomania Tuban Jawa Timur
Ronggomania ini pada awalnya didirikan Thaufan F. Adryan pada Tahun 2011 dimana Persatu sedang bergeliat mencoba bangkit dari tidur panjanganya. Sekelompok pemuda yang memberikan dukungan dari tribun lapangan dengan chant dan sorakan-sorakan untuk membakar semangat pemain yang didukung.

Meski yang sekedar supporter klub yang sebenarnya tujuannya sama, mendukung dan memeberikan semangat dari luar lapangan untuk para pemain Persatu, Ronggomania sempat mengalami polemik kepengurusan, bahkan ada oknum yang tega mengklaim sebagai pengurusnya. Bukan tanpa alasan, karena memang pada saat itu belum jelas bagaimana kepengurusannya. 

Hingga pada pada 9 Pebruari 2014 beberapa perwakilan dari koordinator wilayah Ronggomania beberapa kali mengadakan musyawarah dan koordinasi sehingga tercetuslah sebuah kesepakatan bahwa Republik Ronggomania sebagai wadah pusat yang menaungi koordinator-koordinator wilayah Ronggomania yang kemudian di resmikan bersama manajemen dan pemain di mess Persatu pada 19 Juli 2014 bersamaan dengan bagi takjil pertama dan buka bersama.

Tak terasa 3 tahun berlalu untuk mendukung kluk kesayangan, dan semangat tak pernah pudar dan mengendur sedikitpun. Sebagai ungkapan rasa syukur Ronggomania mengadakan pesta perayaan ulang tahunnya yang ke-3 secara simbolis dengan pelepasan balon ke udara dari tengah lapangan yang diwakili Ronggomania dan manajemen Persatu disela jeda babak pertama pertandingan antara Persatu Tuban yang menjamu Persepam Pamekasan. Lagu Selamat Ulang Tahun yang pernah dipoluperkan oleh Jamrud-pun  tidak henti-hentinya dinyanyikan oleh para Ronggomania dari tribun Lokajaya saat itu.

Meski tidak lebih dari 15 menit, pesta perayaan ini cukup membuat senang dan haru bagi supporter, penonton, pengurus, dan menjadi dorongan tersendiri bagi para pemain untuk tidak memberikan kekecewaan pada Ronggomania dengan memberikan kemenangan 2-1 atas tamunya Persepam pamekasan. dan ini adalah hadiah terindah untuk Republik Ronggomania.

Bagi saya pribadi, dari tribun penonton yang melingkari lapangan pertandingan ada beberapa jenis kelompok. Ada yang menonton dengan khusyuk menyaksikan laju bola, ada yang datang menonton biasa, selfi-selfi, ada pula yang hanya sekedar ikut-ikutan saja. Namun berbeda dengan supporter. Mereka memberikan dukungannya dari luar lapangan dengan penuh emosi, emosi yang positif, menyanyikan chant-chant pembakar semangat untuk para pemain, tak begitu mempedulikan skor, yang mereka lakukan adalah sebuah ketulusan. Terlepas dari beberapa kelompok tadi, semuanya adalah penikmat bola yang akan selalu mendukung tim kesayangan dengan caranya masing-masing. (DBS)
Hadiah Persatu Untuk Ultah Ronggomania
4/ 5
Oleh

Berlangganan via email

Suka dengan postingan di atas? Silakan berlangganan postingan terbaru langsung via email.